Portal Wacana Bisnis dan Peluang Usaha

Minggu, 08 Mei 2016

Peluang Usaha Angkringan, Bisnis dengan Omzet Maksimal!

Peluang Usaha Angkringan, Bisnis dengan Omzet Maksimal! - Membuka usaha warung angkringan menjadi salah satu solusi dalam menjalankan suatu bisnis dengan modal yang terhitung kecil atau tidak terlalu besar.

Namun, meskipun usaha tersebut mampu berjalan dengan modal yang kecil, bukan berarti keuntungan yang didapat juga kecil, hal ini tergantung dari diri kita sendiri. Bisnis ini bisa menjadi salah satu bisnis yang mampu menghasilkan keuntungan besar dengan didanai modal yang kecil.

Hal tersebut bisa terjadi karena keuntungan dari peluang usaha angkringan ini rata-rata bisa berlipat dibandingkan dengan usaha lainnya. Alasan yang pasti juga karena konsumen tidak pernah sepi, karena terkadang pangan menjadi kebutuhan utama bagi para konsumen.

Usaha angkringan ini sangat diminati oleh masyarakat adalah harga aneka menu yang tersedia sangatlah murah, dan menyantap makanan di angkringan ini menjadi suasana yang berbeda dengan tempat makan yang lain.

Terlebih, apabila suasana di malam hari yang sangat enak dengan disuguhkan beragam jenis masakan langsung di depan konsumen, meskipun terlihat sederhana, akan tetapi, dijamin, makan di angkringan berbeda dengan di tempat yang lainnya.

Tidak hanya itu saja, jika kita makan di warung angkringan juga bisa menciptakan suasana yang akrab baik itu bersama teman atau dengan konsumen yang lain, mereka bisa saling bertegur sapa, bertukar pendapat, dan tidak heran apabila konsumen di sini betah untuk berlama-lama di tempat seperti ini. [1]

Kembali lagi kepada topik, sekilas memang tidak terlihat suatu hal yang istimewa dalam usaha ini. Menu yang sederhana, dan makanan yang ditawarkan juga seadanya.

Namun, dari kesederhanaan itulah yang menjadi salah satu daya tarik usaha angkringan. Nasi kucing, sate telur puyuh, sate usus, tempe goreng, tahu isi dan aneka minuman lainnya yang mampu menjadi daya tarik sendiri bagi para konsumen. [2]

Angkringan
Angkringan, foto : rumahukm.com

Persiapan

  • Analisa
Lakukan analisa pada kawasan yang dekat dari rumah Anda. Carilah tempat yang ramai di siang hari, sore hari, atau malam hari. Karena dengan tempat yang ramai tersebut, konsumen akan dengan mudah mampu menjangkau warung angkringan milik Anda.

Atau jika Anda bernekat ingin membuka usaha angkringan ini di sekitar komplek rumah Anda yang tidak terlalu ramai, dan tidak banyak orang, bisa Anda lakukan. Namun, jika Anda melakukan hal ini, maka sebaiknya Anda harus pikir-pikir lagi dengan matang. Lebih baiknya, bukalah usaha angkringan di dekat dengan tempat yang ramai atau tempat yang mudah dikunjungi atau sering dilewati oleh orang-orang.
  • Tenaga Kerja
Untuk memulai usaha ini, tampaknya lebih disarankan Anda bisa bekerja sendiri. Dengan bekerja sendiri, keuntungan yang didapatkan juga tentu lebih besar. Jika ingin mendapat untung yang besar, maka Anda harus siap untuk lelah dan repot.

Apabila Anda nekat untuk membawa teman ikut mengelola usaha ini, maka yang ditakutkan nantinya adalah penghasilan yang kurang maksimal karena adanya sistem bagi hasil. Namun, jika warung angkringan Anda mulai ramai dan Anda kewalahan menangani konsumen, Anda bisa membawa 1 orang untuk membantu, dan 1 orang itu saja juga sudah cukup.

Perhatikan juga jika mempekerjakan orang lain, buatlah sistem bagi hasil, misal 80% untuk Anda, 20% untuk orang yang sudah membantu Anda. Atau berapapun itu, yang penting Anda jangan sampai merugi.
  • Keuangan
Selalu perhatikan keuangan yang Anda miliki dalam usaha tersebut. Hitunglah modal awal untuk membangun usaha angkringan beserta dengan peralatannya, lalu buatlah daftar harga yang membuat Anda untuk namun tidak terlalu mahal.

Jangan pernah membeli peralatan dan bahan yang di mana kondisi keuangan Anda tidak mampu. Jangan dipaksakan! Bawalah peralatan dan bahan yang ada saja, hal ini juga bisa menunjang kebutuhan usaha Anda di lain hari.
  • Alat dan Bahan
Jangan pernah membeli peralatan baru jika peralatan di rumah Anda masih ada dan tersedia. Belilah peralatan apabila itu tidak ada di rumah Anda dan dirasa memang perlu untuk menunjang kebutuhan usaha Anda, hal ini bisa memangkas pengeluaran.

Persiapkan juga bahan jika ingin dibuat sendiri di rumah ataupun jika ingin Anda membelinya. Untuk awalan, jangan terlalu banyak dahulu bahan yang dibuat.

Jangan lupa, berikan jajanan yang khas, yang menjadi ciri utama angkringan Anda, buatlah menjadi super enak, sehingga konsumen bisa berdatangan lagi ke angkringan milik Anda karena ketagihan dengan makanan utama yang Anda sajikan.

Pemasaran

Yang paling disarankan oleh kami adalah pasarkan warung angkringan beserta jajanan Anda di dekat tempat yang ramai atau di dekat jalan raya. Perhatikan apabila ingin di dekat jalan raya, jangan yang ada banyak polusi, atau menjauh sedikit, karena pengunjung bisa tidak tahan dengan suasana tersebut.

Bukalah warung angkringan Anda di jam-jam yang ramai, karena semakin banyak orang yang berlalu lalang. Untuk suasana malam hari juga menjadi suatu hal yang pas karena banyak orang-orang keluar rumah mencari makanan dan ingin berinteraksi bersama orang lain, dan salah satu tempat untuk berinteraksi adalah di warung angkringan milik Anda.

Masalah harga, berilah harga yang terjangkau, Anda tidak merugi, tetapi Anda tetap untung. Tidak apa-apa jika Anda untung sedikit. Coba kalkulasikan, jika untung sedikit dikalikan banyak konsumen yang datang, maka penghasilan Anda juga akan banyak dan berkali lipat.

Kelebihan

  1. Modal kecil. Usaha angkringan ini bisa Anda lakukan dengan modal yang kecil. Modal ini berkisar antara 1 - 5 juta rupiah untuk memulai menjalankan bisnis tersebut. Dengan modal tersebut, Anda sudah bisa memenuhi kebutuhan alat serta bahan yang menunjang kegiatan bisnis Anda. Pakailah uang tabungan Anda, dan janganlah coba meminjam kesana kemari apabila kebutuhan keuangan tidak ada.
  2. Alat dan Bahan Mudah Didapat. Alat dan bahan yang sederhana serta mudah didapat menjadi salah satu keunggulan peluang usaha ini. Bukan tidak mungkin, apabila Anda konsisten menjalankan bisnis ini, Anda bisa untung cepat.
  3. Konsumen Banyak yang Suka. Banyak konsumen yang keluar rumah hanya untuk membeli makanan saja. Nah inilah salah satu target Anda. Berikan makanan dan minuman yang menarik sehingga konsumen saat membeli pertama di angkringan Anda akan merasa bahagia dan puas, serta mereka tentu di lain waktu akan kembali lagi mendatangi usaha milik Anda.
  4. Bisa Dikerjakan Anda Sendiri. Usaha angkringan ini bisa dilakukan oleh Anda sendiri sehingga hasil yang didapat juga akan lebih mantap dan memuaskan.
  5. Pemasaran Mudah. Pemasaran yang mudah seperti lokasi yang ramai, dekat jalan raya dan lain sebagainya.

Kekurangan

  1. Kerja Seharian. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus berusaha untuk bekerja selama seharian. Misal Anda membuka usaha Anda di siang hari hingga di malam hari bahkan hingga larut.
  2. Kadang Makanan Tidak Habis. Terkadang, pasti hal ini pernah dialami oleh semua pedagang jika dagangannya tidak habis. Maka, Anda harus benar-benar bisa menyiasati hal ini. Lebih baik produksi sedikit dibandingkan dengan produksi yang berlebihan.
  3. Hanya Duduk Saja. Tidak ada aktivitas lain sebagai orang yang menjalankan bisnis ini, hanya duduk, memandangi sekitar hingga bermain handphone. Tidak ada hal yang menarik. Paling tidak, hanya dengan bercengkerama dengan konsumen.
  4. Lelah. Lelah ini sangat beragam, seperti lelah karena duduk hingga lelah karena fisik. Bagaimana tidak, Anda hanya terpaku dalam satu tempat saja dalam waktu yang cukup lama. Membosankan bukan?

Anda bisa memulai usaha angkringan ini saat ini juga apabila Anda memiliki modal yang cukup. Jangan lupa, apabila ada konsumen yang berpendapat terimalah dengan lapang dada, kalau bisa turuti keinginan mereka.

Agar lebih laris, berilah suatu hal yang menonjol pada usaha angkringan milik Anda, terbukti ampuh karena konsumen akan terheran-heran dan ingin tahu dengan usaha Anda. Contohnya bisa berikan makanan gratis, atau bonus.

Perhatikan juga kualitas makanan dan minuman, sehingga konsumen gemar terhadap angkringan milik Anda.

 
Back To Top