Portal Wacana Bisnis dan Peluang Usaha

Jumat, 07 Juli 2017

Menjalankan Peluang Usaha Wedding Organizer Harus Benar!

Suatu momen yang begitu berarti dan cukup penting nilainya bagi masyarakat, salah satu contohnya adalah pernikahan. Tak hanya bagi kedua pasangan saja yang akan melakukan pernikahan, melainkan momen penting, suci dan sakral ini begitu besar nilainya untuk orang tua, saudara, hingga kerabat dan teman-teman.

Hal itulah yang mendasari sebuah alasan mengapa momen pernikahan harus dibuat semeriah mungkin sehingga membutuhkan berbagai macam persiapan yang matang dalam jangka waktu yang tak singkat, alias lumayan lama.

Semua keluarga yang terlibat dalam acara tersebut tentu ingin mengadakan sebuah pesta pernikahan yang berarti ini, bisa berjalan dengan baik, sempurna, tanpa adanya kendala, mereka tak menginginkan sedikitpun kendala terjadi dalam pesta pernikahan tersebut.

Akan tetapi, hal tersebut memang tak bisa didapat dengan mudah, yang mana tentunya membutuhkan banyak pekerjaan yang harus bisa diselesaikan, bahkan hingga akan membutuhkan begitu banyak orang untuk membantu menyelesaikan pesta pernikahan ini.

Memang yang menjadi masalah, pesta pernikahan pada umumnya itu tak akan berlangsung dengan waktu yang lama, hanya 2 atau 3 hari saja sudah cukup, mengingat membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tidak hanya itu saja, dengan waktu yang singkat ini, membuat pesta pernikahan menjadi lebih suci dan sakral.

Walau tak berlangsung dengan lama kegiatan yang satu ini, namun segala sesuatu harus bisa berjalan dengan selaras dan lancar. Baik itu dari tampilan pakaian yang dikenakan oleh kedua mempelai dan seluruh keluarga yang terlibat, make up, fotografi, hingga jamuan makan bagi para tamu undangan yang hadir.

Tidak hanya itu saja, masih ada lagi rangkaian acara yang harus diadakan, dekorasi pesta pernikahan, hingga cenderamata yang nantinya akan dibagikan kepada tamu undangan yang hadir dan masih banyak lagi hal lain yang harus dipersiapkan dengan baik dan dengan matang agar acara suci dan sakral ini tidak terlewat biasa saja.

Maka dari itu, untuk bisa melangsungkan kegiatan pernikahan ini, pada umumnya juga tentu pasti membutuhkan biaya yang cukup besar. Selain itu, dikarenakan acara yang seperti ini juga jarang yang dilakukan oleh suatu keluarga, maka kebanyakan dari mereka akan sedikit kebingungan untuk melakukan persiapan ini karena memang ini acara yang jarang dan kurangnya pengalaman dalam hal ini.

Salah satu jawaban yang cukup praktis untuk menjawab persoalan itu semua adalah dengan cara menyewa jasa Wedding Organizer (WO) atau yang biasa disebut dengan nama penyelenggara acara pernikahan, yang berfungsi untuk membantu menyelesaikan acara tersebut dengan sebaik mungkin.

Dengan demikian, peranan dari pelaku atau penggiat usaha Wedding Organizer ini memang cukup dibutuhkan bagi kalangan masyarakat yang nantinya memang akan mengadakan acara pernikahan bagi keluarga.

Jasa dari Wedding Organizer sendiri begitu membantu karena mereka akan menyiapkan sejumlah acara yang cukup banyak, mempersiapkan acara dari awal hingga akhir dengan matang, sehingga pihak keluarga hanya cukup menyampaikan konsep yang diinginkan dalam pesta pernikahan tersebut dan selanjutnya, Wedding Organizer-lah yang akan bertugas dan berusaha untuk mewujudkan keinginan keluarga dengan sempurna.

Peluang Usaha Wedding Organizer

Wedding Organizer

1. Modal Awal

Untuk memulai bisnis Wedding Organizer ini sendiri, pada umumnya memang tak membutuhkan biaya atau modal yang terhitung tinggi. Akan tetapi, apabila ingin memasuki pangsa pasar kelas atas, kemungkinan biaya yang dibutuhkan sebagai modal harus bisa tercukupi dengan tinggi.

Untuk modal awal, sebagai seorang konsultan pernikahan, Anda sendiri tak perlu membutuhkan kantor yang luas ataupun besar. Walaupun demikian, Anda diharuskan mengeluarkan atau membebankan biaya yang lain.

Biaya itu seperti menyewa pengacara yang berguna untuk membuat kontrak, terkait dengan perjanjian yang akan dijalin antara Anda beserta dengan client, untuk perlindungan aset dari hutang. Tidak hanya itu saja, Anda juga diharuskan untuk mengeluarkan uang untuk mencoba memasarkan nama Wedding Organizer dan perlengkapan kantor.

Baca juga : Wajib Baca! 7 Tips Sukses Mengembangkan Bisnis Wedding Organizer

2. Pangsa Pasar

Walaupun memang banyak pasangan yang membutuhkan jasa Wedding Organizer yang satu ini, alangkah lebih baiknya bagi Anda selaku penggiat usaha yang satu ini lebih mempelajari akan demografis pasar yang sedang terjadi, lalu langkah yang selanjutnya mencocokkan layanan yang Anda berikan dengan kebutuhan dan keinginan dari para calon konsumen.

Demografis ini sendiri memiliki arti sebagai salah satu bentuk karakteristik orang-orang yang memang memiliki potensi untuk menggunakan suatu bentuk produk ataupun layanan yang Anda berikan kepada mereka, sehingga memang demografis ini cocok untuk dijadikan sebagai salah satu target pasar Anda.

Karakteristik dari konsumen itu sendiri meliputi dari segi :
  • Usia
  • Pendidikan
  • Lokasi geografis
  • Tipe rumah
  • Tingkat penghasilan
  • dan lain sebagainya

Apabila mereka membutuhkan suatu layanan yang mungkin mereka inginkan, cobalah berikan. Atau apabila Anda memang sudah sulit untuk memberikan bantuan, cobalah berikan hal lain yang memiliki tingkat relevansi dengan apa yang mereka butuhkan.

Tetap perhatikan demografis tersebut agar nantinya calon konsumen yang datang tidak lari begitu saja. Hal ini seperti contohnya jika yang datang merupakan kalangan bawah, namun layanan yang Anda berikan kelas tinggi semua, tentu tak akan pernah cocok, begitu juga sebaliknya.

Alangkah baiknya, sebelum memulai peluang usaha yang satu ini, untuk melihat pangsa pasar terlebih dahulu siapa yang akan ditarget apakah itu kelas menengah ke bawah atau kelas menengah ke atas. Atau memang Anda menginginkan kedua pangsa pasar tersebut juga boleh, namun harga yang ditawarkan jangan terlalu over!

3. Masalah Biaya

Jika memang Anda baru saja memulai bisnis yang satu ini, biaya produksi untuk melakukan usaha ini tentu membuat Anda bingung. Jika Anda memang kurang pengalaman akan hal Wedding Organizer, bisa rekrut teman untuk bergabung dan membantu Anda.

Untuk awal mulai atau persiapan, alangkah baiknya berikanlah harga yang standar. Harga ini bukan berarti Anda tidak untung. Anda akan tetap untung, namun untung yang dihasilkan sedikit.

Tapi tidak masalah, itu baru awal mulai dan masih banyak cerita yang luar biasa nantinya ke depan. Apabila memang sudah banyak yang menggunakan jasa Anda, maka secara perlahan saja naikkan harga, jangan terlalu "mencekik" atau "menindas" keuangan mereka, karena rotasi uang di dalam rumah tangga pasti sulit, banyak kebutuhan tak terduga di dalamnya.

Mengapa harus menaikkan harga? Karena jika memang Anda ingin meningkatkan biaya produksi dan tingkat kreatifitas tinggi, maka Anda bisa mencoba menaikkan harga ini secara perlahan.

Akan tetapi, apabila peluang usaha yang Anda jalankan selama bertahun-tahun lamanya hanya begitu-begitu saja, disarankan untuk tidak menaikkan harga karena memang niat Anda benar untuk mencari keuntungan semata dan hanya membebankan kepada client.

Tentu dengan memulai awal yang baik atau dengan langkah yang pasti, sedikit demi sedikit akan banyak orang lari ke jasa Anda dan nantinya Anda sendiri juga bisa diuntungkan karena memperoleh hasil foto Wedding Organizer yang akan dijadikan contoh untuk client yang selanjutnya, hingga testimoni dari keluarga yang bersangkutan untuk meningkatkan peluang usaha Anda di masyarakat.

4. Dapatkan Client Pertama Anda

Mendapatkan client pertama memang menjadi salah satu tantangan yang sulit. Tidak mungkin jika dalam beberapa hari ke depan atau beberapa minggu ke depan ada client yang tiba-tiba datang.

Tentu orang-orang yang akan melangsungkan pernikahannya sudah memiliki tanggal sendiri yang sudah disusun dan kita sebagai Wedding Organizer harus bisa sabar dan terus tetap mengembangkan usaha yang sedang diemban.

Untuk memperoleh konsumen, bisa dengan orang-orang yang berada di lingkaran Anda, seperti :
  • Tetangga
  • Saudara
  • Teman kerja
  • Teman semasa kecil
  • dan lain sebagainya

Memasarkan dengan hal tersebut memang cocok, terlebih bagi pasangan yang telah melangsungkan kegiatan tunangan. Memang Anda belum akan menuai hasilnya, mungkin akan Anda dapatkan beberapa bulan yang akan datang, karena tentu mereka memiliki tanggal penting yang sudah disiapkan, karena menikah itu bukan hal buru-buru, melainkan hal terpenting dalam hidup, jadi membutuhkan sedikit waktu untuk Anda bisa bersabar.

Berikanlah diskon atau layanan yang lebih bagi pelanggan pertama Anda, agar mereka bahagia dan mereka bisa menyarankan layanan atau jasa Wedding Organizer yang Anda berikan kepada orang lain yang mungkin berguna suatu saat nanti.

5. Buatlah Konsep Pernikahan yang Menarik dan Berbeda

Orang-orang tentu ingin konsep pernikahan yang menarik dan berbeda dari yang lain karena ini adalah momen langka dan ingin membuat momen ini bisa dikenang untuk selama-lamanya.

Untuk memberikan kesan ini, Anda harus membutuhkan tim yang mampu berpikir kritis, kreatif dalam menyiasati segala bentuk situasi. Dengan konsep menarik dan berbeda ini, tentu akan membuat client menjadi lebih puas.

Tidak hanya itu saja, kesempatan untuk menggaet client yang lebih banyak juga luas. Lagi-lagi, ide memang harus dituntut untuk lebih kreatif, jangan lah buat dekorasi yang biasa-biasa saja.

Ini tentu efektif karena memang tamu undangan yang hadir tentu akan terpikat dan tentunya ikut senang dengan jasa yang diberikan walau memang tamu undangan hanya menikmati saja dan yang menjadi peran utama dalam pernikahan tersebut adalah kepuasan dari keluarga yang bersangkutan.

6. Kepercayaan Menjadi Modal Utama yang Harus Dimiliki

Untuk bisa menjalankan usaha Wedding Organizer ini sendiri dengan baik dan lancar, modal utama yang harus dimiliki bukanlah uang, melainkan yang terpenting ialah kepercayaan dari calon konsumen.

Konsumen akan merasa buntung apabila harga yang ditawarkan tinggi, namun tak sebanding dengan apa yang nanti Anda berikan selaku penggiat usaha. Berikanlah konsumen yang seimbang, harga yang pantas untuk layanan yang pantas juga.

Karena, kepercayaan adalah masalah yang sulit untuk bisa dibangun, hal ini yang akan menyangkut dengan masalah reputasi. Apabila reputasi atau kepercayaan orang terhadap bisnis Anda buruk, tentu ini akan berdampak buruk bagi kelangsungan bisnis.

Tidak hanya itu saja yang menakutkan, mungkin bisnis Anda akan drop hingga berbulan-bulan atau bertahun-tahun lamanya dan susah lagi untuk menggaet client karena reputasi buruk yang Anda terima. Maka, apabila Anda akan menjalankan ide usaha ini, harus benar-benar serius, karena ini bukanlah suatu bisnis main-main. Ini bukan suatu bisnis yang bisa Anda lakukan seenak hati, melainkan ini juga menyangkut harkat dan martabat client.


Beberapa hal di atas memang baru hal mendasar saja yang perlu Anda ketahui untuk mengawali atau akan serius dalam bidang bisnis tersebut. Apabila memang ingin mengetahui lebih lanjut, cobalah konsultasikan dengan yang lebih berpengalaman.

Jadilah Wedding Organizer yang professional karena dalam pekerjaan ini, Anda dituntut untuk memuaskan client hingga para tamu undangan yang hadir. Karena jika ada satu kesalahan kecil saja, itu bisa membuat citra Anda buruk dan jatuh di mata masyarakat dan akan berdampak buruk dalam jangka waktu yang lama.

Sekali lagi, jangan main-main dengan usaha yang satu ini, berikanlah kepuasan batin konsumen dan persiapkan dengan matang apa yang memang nantinya Anda kerjakan dan konsumen butuhkan demi menyimpulkan kepuasan dan kedua hubungan tersebut antara penggiat usaha dan konsumen terjalin baik, sama-sama beruntung dan tidak ada pihak yang dirugikan.

 
Back To Top