Portal Wacana Bisnis dan Peluang Usaha

Selasa, 25 April 2017

Peluang Usaha Arum Manis (Prospek Cerah)

Peluang Usaha Arum Manis (Prospek Cerah) - Arum manis atau yang biasa disebut dengan nama gulali ini menjadi makanan yang sudah tak asing lagi di masyarakat. Makanan yang berasal dari bahan baku gula tersebut bisa dibuat dengan mudah dan ditemukan di pinggir jalan atau di pasar malam, bahkan tempat rekreasi yang lain.

Warna yang ada di dalam arum manis sangat menarik, serta rasa dalam makanan yang begitu manis sehingga banyak disukai oleh beragam kalangan, mulai dari anak-anak bahkan hingga orang tua atau dewasa menyukainya.

Hal ini membuat usaha dari arum manis tak hanya akan dijual di tempat rekreasi atau di pasar malam saja, namun ternyata sudah mengalami perkembangan dan menjadi salah satu peluang usaha yang cukup modern, yakni dengan cara menawarkan usaha waralaba arum manis.

Nah, apakah Anda cukup tertarik dengan salah satu usaha yang cukup menjanjikan ini? Jika memang tertarik untuk mencoba menjalankannya, bukalah usaha kecil-kecilan terlebih dahulu sehingga modal yang dikeluarkan tak terlalu besar dan bisa membuat pengembangan bagi usaha Anda.

Peluang Usaha Arum Manis

Arum Manis

Prospek

Prospek peluang usaha arum manis cukup menjanjikan. Incar tempat yang memiliki pengunjung berlimpah dan banyak anak-anak di sana.

Akan tetapi, perhatikan, jika di situ sudah ada penjual arum manis yang lain, maka inilah persaingan Anda.

Buatlah harga yang murah namun Anda tetap bisa mencari untung (walau tidak banyak) dan berikan konsumen panganan yang berkualitas. Kenalkan arum manis enak Anda kepada setiap orang.

Lebih baik untung sedikit daripada harus kehilangan konsumen karena makanan yang tidak berkualitas dan harganya yang terlampau mahal. Konsumen sekarang cerdik, bisa membedakan mana makanan yang berkualitas dan yang tidak berkualitas.

Persiapan

1. Analisa

Jika di dekat rumah Anda ada tempat yang cukup ramai seperti contohnya tempat rekreasi, lapangan, hingga alun-alun, yang pokoknya itu ada banyak anak kecil, boleh dicoba.

Terkadang, orang tua yang membawa anak kecil untuk bermain dan berjalan-jalan, si anak menjadi tergiur dan ketagihan untuk membeli arum manis karena enak.

Hati-hati, jangan berdagang persis di pinggiran jalan, karena konsumen sangat tidak suka karena identik dengan makanan tersebut kotor karena debu dan asap yang lain.

2. Tenaga Kerja

Untuk persiapan bisnis ini, mungkin bisa Anda jalankan sendiri hingga bisnis ini bisa berkembang ke skala menengah.

Pembuatan arum manis yang mudah juga tak membuat Anda susah dan berkeringat bukan?

Jika memang ingin memperoleh hasil yang maksimal, coba bangun relasi dengan konsumen walau hanya ada Anda saja. Jika memang sudah berkembang dan Anda merasa sudah mulai lelah, coba gaet orang lain dijadikan karyawan.

3. Keuangan

Jangan pernah menjual produk terlalu mahal. Jual produk arum manis sesuai dengan apa yang dimiliki oleh konsumen, jangan merogoh kocek terlalu besar hanya demi keuntungan besar semata.

Berikanlah harga yang terjangkau dan Anda masih bisa untung walau sedikit, itu jauh lebih baik.

Konsumen juga senang dengan barang murah dan banyak, maka bisa dibuatkan arum manis banyak namun murah dan yang terpenting Anda masih untung walau sedikit itu tidak apa-apa.

4. Alat dan Bahan

Yang dibutuhkan untuk membuat arum manis hanyalah mesin, stick, plastik dan gerobak untuk memulai dipasarkannya.

Modal yang dikeluarkan kurang lebih Rp 3 juta, untuk modal awal. Modal tersebut belum termasuk dengan ongkos produksi.

Setelah itu bahan produksi apa saja yang dibutuhkan dalam proses produksi harus dipersiapkan. Semuanya harus higienis.

Kelebihan

  • Modal Tergolong Kecil. Untuk modal di bawah Rp 5 juta itu masih tergolong modal yang kecil dan mudah dicari serta mudah didapatkan. Bahkan, proses produksi juga tidak memakan biaya yang cukup banyak.
  • Pemasaran Mudah. Mudah untuk dipasarkan memang jika peluang usaha yang berbau dengan jajanan atau makanan. Cari konsumen yang banyak anak-anak di bawah usia 10 tahun yang pasti tertarik untuk membelinya. Bisa dijajakan di alun-alun.
  • Persaingan. Peluang usaha yang satu ini memiliki persaingan yang tidak terlalu rumit karena jarang yang melakukan bisnis arum manis. Jadi, ini bisa dimanfaatkan bagi Anda.
  • Tidak Memakan Banyak Tenaga Kerja. Karena usaha ini adalah usaha yang bisa dilakukan secara sendiri, maka bisa menghemat biaya dalam proses produksi. Sementara itu, tambahan barang lain seperti plastik yang bisa digunakan untuk membungkus arum manis yang juga sangat murah.

Kekurangan

  • Giat dan Tekun. Mengingat peluang usaha ini menyasar ke kalangan anak kecil dan tidak semua anak-anak suka dengan jajanan seperti ini, maka usahakan menjalani bisnis dengan sabar.
  • Perlu Keahlian Cukup. Untuk membuat arum manis, dibutuhkan keahlian yang cukup dalam membuatnya. Buat seenak mungkin agar pelanggan kembali lagi dan menjadi konsumen tetap.


Jika memang Anda tertarik dan berminat untuk menjalankan bisnis yang satu ini, percayalah yang menjadi modal awal ialah niat dan ingin berusaha menjadi yang lebih baik lagi.

Sebenarnya, prospeknya juga bagus karena persaingan belum terlalu penuh seperti usaha yang lain. Ini bisa menjadi peluang yang bagus bagi Anda. Sekali lagi, harus sabar saat menjalankannya karena tidak semua anak-anak suka arum manis.

 
Back To Top