Portal Wacana Bisnis dan Peluang Usaha

Minggu, 16 Juli 2017

Wajib Baca! 7 Tips Sukses Usaha Wedding Organizer

Membuka bisnis atau peluang usaha Wedding Organizer (WO) di Indonesia memang mampu menjadi salah satu pilihan bagi Anda untuk memulai usaha yang tepat ini.

Pernikahan tentu telah menjadi salah satu bentuk tradisi dan menjadi acara yang mengakar di dalam kultur masyarakat di Indonesia yang akan selalu ada hingga sampai kapanpun.

Sebagai salah satu peristiwa yang mampu memberikan kesan beserta dengan kenangan yang begitu mendalam, tentu saja pernikahan ini akan menjadi salah satu pusat atau titik perhatian agar bisa terselenggara dengan baik dan bagus.

Maka dari itu, dengan membuka peluang usaha Wedding Organizer akan selalu memberikan pengalaman yang potensial bagi Anda dalam meraih omzet yang tinggi apabila Anda bisa melakukan bisnis ini dengan baik.

Lantas, apa saja tips sukses untuk memulai usaha Wedding Organizer ini sendiri? Berikut ulasan yang perlu Anda perhatikan.

Tips Sukses Usaha Wedding Organizer

Wedding Organizer
Wedding Organizer, via blog.carijasa.co.id

1. Memberikan Konsep Pernikahan yang Menarik

Tips sukses yang paling utama dalam menjalani bisnis ini sendiri ialah dengan cara memberikan konsep pernikahan yang menarik, yang spesial. Tentu setiap orang ingin jika dalam pernikahannya tersebut menjadi salah satu bentuk kenangan yang indah dan bisa dikenang sepanjang masa, hingga akhir hayat.

Nah, untuk menciptakan segala bentuk kenangan yang indah dan kesan yang mendalam, maka Anda harus mau dan harus bisa membuat konsep Wedding Organizer yang menarik dan istimewa. Dengan memberikan konsep yang menarik, maka bisa membuat peluang Anda dalam memuaskan konsumen menjadi lebih terbuka lebar.

Untuk membuat suatu bentuk konsep pernikahan yang menarik, Anda sendiri dituntut untuk bisa lebih kreatif dan inovatif.

Beberapa konsep pernikahan yang unik seperti contohnya pesta kebun, pantai, hingga outdoor menjadi salah satu contoh referensi pernikahan dengan konsep yang unik dan dengan kesan berbeda untuk bisa dicoba.

Tawarkan kepada calon konsumen mengenai konsep pernikahan yang menarik itu apabila memang diminta. Akan tetapi, jika memang client itu mempunyai keinginan tersendiri, tentu Anda harus bisa menyesuaikan diri dan memenuhi kebutuhannya dengan konsep yang diusung oleh konsumen.

Baca juga : Cara Menjalankan Peluang Usaha Wedding Organizer dengan Baik dan Benar

2. Aktif di Media Sosial

Sekarang ini, masyarakat Indonesia, khususnya kalangan remaja jauh lebih aktif bersosialisasi di media sosial dibandingkan dengan dunia nyata.

Maka, hal ini bisa Anda targetkan karena sangat banyak remaja atau yang muda itu lebih cenderung aktif di media sosial untuk sisi hiburan mereka.

Salah satu kesempatan ini haruslah Anda ambil, yakni aktif di media sosial, baik itu Facebook, Twitter, hingga Instagram yang mampu menampilkan foto kemewahan Wedding Organizer yang Anda berikan.

Tidak hanya sebagai sarana promosi saja, dengan adanya media sosial ini sendiri juga bisa Anda gunakan sebagai salah satu sarana komunikasi untuk saling bertukar pikiran satu sama lain, yang setelah itu bisa deal untuk keputusannya.

3. Tim Kerja yang Solid

Di dalam bisnis Wedding Organizer ini sendiri, Anda yang memiliki fungsi sebagai kepala atau pemimpin inilah yang nantinya akan menentukan langkah awal kesuksesan dari sebuah event pernikahan yang berlangsung.

Maka dari itu, untuk bisa menyukseskan acara pernikahan tersebut, selain harus membangun relasi yang kuat dengan partner bisnis, Anda juga harus mampu mempunyai tim kerja yang solid. Untuk menciptakan kondisi yang satu ini, Anda harus bersikap supel dan mampu membawa atmosfer kerja dan teamwork yang begitu professional.

Memang ada kalanya jika Anda harus memiliki sikap yang tegas untuk menghadapi segala kondisi yang sedang dihadapi. Untuk tim kerja, Anda sendiri juga harus memberikan mereka berbagai macam pengetahuan hingga pelatihan yang baik, sehingga mereka juga mampu menjaga kualitas serta pelayanan bisnis Wedding Organizer ini sehingga mampu membuat para pelanggan puas dengan bisnis ini.

4. Layani Konsumen dengan Sebaik Mungkin

Tips sukses lain dalam menjalani bisnis yang satu ini ialah dengan cara melayani konsumen dengan sebaik mungkin.

Saat melakukan negosiasi terhadap konsumen, memang Anda akan sering dihadapkan dengan permintaan dari mereka yang datang. Saat Anda mendapatkan hal ini, maka Anda tak boleh begitu saja menolak apa yang menjadi keinginan para konsumen.

Lebih dari itu sendiri, Anda harus terbuka untuk bersikap mendengarkan, memahami dan menampung segala bentuk keinginan dari konsumen tersebut.

Jika memang Anda rasa keinginan dari konsumen tersebut sulit untuk diwujudkan karena beberapa faktor yang mungkin sulit dicapai, maka Anda juga harus bisa menjelaskannya dengan baik, sehingga konsumen tidak menjadi tersinggung dan mampu menerima pendapat Anda dengan baik.

5. Bangun Relasi dan Kerja Sama yang Baik dengan Partner

Dalam menjalankan salah satu bisnis ini, Anda memang bisa mengatakan bisnis ini akan sulit jika berdiri sendiri dan tanpa adanya bantuan orang lain. Memang pernyataan tersebut benar.

Pada umumnya, bisnis Wedding Organizer ini akan melibatkan begitu banyak pihak untuk bisa dikoordinir. Pihak itu seperti katering, salon atau rias pengantin, sound system, properti, tim dokumentasi, atau hingga bahkan pengisi acara yang merupakan beberapa pihak tersebut yang harus bisa Anda jaring untuk melengkapi bisnis Wedding Organizer Anda.

Dalam menjalin suatu bentuk kerja sama bersama dengan mitra atau partner bisnis ini, maka Anda diharuskan untuk membuatnya menjadi lebih kuat dan menjadi lebih baik.

Salah satu hal yang paling utama dalam menguatkan yang namanya relasi dan kerja sama dengan partner ini adalah harus meningkatkan komunikasi dan koordinasi, sehingga kerja sama mampu terjalin dengan baik.

6. Teruslah Belajar

Di saat Anda memiliki bisnis yang satu ini dan Anda memiliki jabatan tinggi di dalam bisnis ini, tugas selanjutnya bukanlah duduk manis.

Melainkan, walaupun memang Anda seorang pengusaha dalam bisnis ini, memiliki jabatan tinggi, Anda tetap harus bisa belajar untuk mengembangkan bisnis ini lebih jauh lagi demi menggaet konsumen yang bertambah.

Bisa dengan mengikuti acara gathering dengan para pengusaha yang lain, memahami dan mempelajari teknis dari Wedding Organizer yang lain yang tentunya sudah sukses dan mampu memberikan Anda inovasi yang banyak.

7. Targetkan Kepada Pangsa Pasar yang Jelas

Cobalah untuk membuat target pasar atau pangsa pasar secara spesifik dan jelas. Tidak semua orang pasti akan mendatangi bisnis Anda.

Tentunya, akan ada kalangan tertentu, entah itu menengah ke bawah atau menengah ke atas. Tidak bisa kedua-duanya datang pada bisnis yang saat ini Anda jalankan.

Cobalah targetkan bisnis Anda mulai dari sekarang apakah mengincar kalangan menengah ke bawah atau menengah ke atas, sehingga nantinya pasar bisa lebih spesifik dan pelanggan yang datang juga lebih paham dalam bisnis yang Anda jalankan.

 
Back To Top