Portal Wacana Bisnis dan Peluang Usaha

Kamis, 04 Mei 2017

(Prospek!) 15+ Peluang Usaha di Desa yang Menjanjikan

(Prospek!) 15+ Peluang Usaha di Desa yang Menjanjikan - Tinggal di desa bukanlah menjadi salah satu hambatan bagi kita untuk bisa berkembang dan harus bisa berhasil seperti orang-orang yang berada di kota.

Kesempatan untuk membuka peluang usaha sendiri di mana saja sebenarnya itu potensial, asalkan kita memiliki niat dan mau berusaha untuk membangun dan mengembangkan usaha yang berdiri tersebut.

Banyak usaha yang bisa dilakukan di desa yang menjanjikan. Jika memang bagi Anda yang kesulitan untuk bekerja di luar kota, merantau atau yang lain, cobalah untuk membuka atau membuat peluang usaha sendiri di desa.

Jika kita sendiri jeli, sebenarnya banyak usaha yang bisa dijalankan di desa dan untuk skala desa, sehingga modal yang dikeluarkan tidak terlalu banyak. Apa saja?

Peluang Usaha di Desa yang Menjanjikan

Jual Gorengan
Jual Gorengan, via detikviral.blogspot.com

1. Jual Pulsa Elektrik

Coba lihat di sekeliling kita, masyarakat di desa pasti sudah memiliki ponsel, baik itu ponsel jadul (jaman dulu) atau bahkan malah sudah punya smartphone sendiri.

Jika memang di desa Anda belum ada yang menyediakan bisnis ini, maka coba buatlah pulsa dan kartu perdana bagi mereka yang membutuhkan. Pasti banyak yang akan berbondong-bondong datang, mengingat semuanya pasti akan menggunakan layanan SMS atau telepon.

Sementara itu, adanya kartu perdana yang dijual, bisa menarget para remaja yang gemar mengakses internet, sehingga tidak perlu jauh-jauh harus pergi mengendarai motor ke luar desa hanya untuk membeli barang tersebut.

2. Buka Angkringan

Jika kita lihat, angkringan itu sebenarnya kebanyakan berada di pinggiran jalan raya besar dan di kota. Bagi mereka yang di desa, belum menjumpainya.

Nah, cobalah untuk membuka angkringan di desa barangkali banyak yang membutuhkan, mulai dari ada yang belum masak, tidak ada bahan pangan, maka mereka akan coba lari ke angkringan terdekat.

Walaupun lokasinya di desa, namun tetap cari lokasi yang agak ramai di salah satu desa tersebut. Pasti setiap malam nanti akan banyak orang-orang yang beli, terutama untuk membeli makanan atau hingga minuman hangat seperti kopi hingga jahe susu.

Yang perlu diperhatikan di sini, karena target atau sasarannya di desa, maka jangan berikan harga terlalu mahal karena kondisi sosial ekonomi mereka juga sedang susah jika dianalisis rata-rata.

3. Jual Gorengan

Siapa yang tidak suka dengan makanan merakyat yang satu ini? Gorengan menjadi salah satu makanan atau sekaligus camilan murah namun lezat dan bisa diperoleh banyak dengan harga yang murah.

Sebagai salah satu contohnya ada yang berjualan di desa, berjualan gorengan, setiap sore menjelang maghrib pasti selalu laris. Gorengan yang dijajakan juga beragam, mulai dari makanan daerah masing-masing dan masih banyak yang lain bisa dijajakan.

Terlebih selagi gorengan masih hangat, pasti banyak pembeli yang akan datang membelinya.

4. Ternak Hewan

Salah satu usaha jenis ini banyak ditekuni oleh orang-orang desa karena kondisi di sekitar yang memungkinkan. Berbeda dengan di kota karena untuk mencari rumput sebagai makan ternak saja susah.

Ternak yang bisa diusahakan seperti kambing, sapi, ayam, bebek dan lain sebagainya. Selalu ingat, pastikan hewan ternak selalu memberikan untung.

Salah satu contohnya, seperti ayam, harus bisa menghasilkan telur maka belilah ayam petelur. Lagi, beli sapi jika ingin dijual saat akan Idul Adha, nanti harganya akan naik dan bagus untuk bisnis.

Alasan lain yang memudahkan ternak di desa karena mudah untuk mencari rumput. Di mana-mana ada rumput, tidak perlu repot untuk pergi ke desa yang lain.

5. Budidaya Ikan

Tidak hanya ternak saja, Anda juga bisa membudidayakan ikan yang cukup bermanfaat dan hasilnya bisa dituai.

Ikan yang bisa dibudidayakan seperti ikan lele, ikan mujair, ikan gurameh dan yang lain sebagainya. Perhatikan juga jika setiap ikan harus menguntungkan dan memberikan kelebihan.

Nantinya, setiap panen, jika memang ikan hasil budidaya melimpah, sekali panen bisa jutaan atau puluhan juta.

6. Service Elektronik

Masyarakat di pedesaan pasti memiliki barang elektronik, mulai dari radio, televisi hingga handphone yang apabila rusak, mereka langsung bingung untuk mencari tukang servis.

Nah, ini bisa Anda manfaatkan untuk membuka jasa servis barang elektronik bagi mereka yang membutuhkan.

Salah satu poin terpenting di sini, jangan berikan harga mahal karena akan percuma, mereka akan berpikir lebih baik jangan diperbaiki karena harganya mahal. Berilah harga yang bersahabat.

7. Jual Bibit Tanaman

Pedesaan memang menjadi salah satu kondisi yang cocok untuk ditanami berbagai tanaman karena memang hasilnya yang mudah didapat. Lebih banyak panen dibandingkan dengan gagal panen.

Jual bibit tanaman yang memang sesuai dengan kondisi cuaca dan kondisi di pedesaan sehingga nantinya apa yang ditanam akan tumbuh, tak akan sia-sia.

Sehingga, hal tersebut bisa memberikan dampak positif para pembeli akan lagi kembali kepada Anda untuk membelinya karena terbukti memang cocok ditanam di lahan yang seperti ini itu dan yang lain sebagainya.

8. Bisnis Online

Jika orang-orang yang mendengar kata bisnis online, pasti akan terngiang jika bisnis itu memerlukan internet dan hanya bisa digunakan melalui komputer saja.

Jangan resah karena sekarang ini sinyal sudah ada di mana-mana bahkan sampai pelosok, itu menjadi salah satu modal awal untuk melakukan bisnis online.

Yang kedua Anda membutuhkan smartphone dan produk bisa menyusul. Bisa menjualkan produk orang lain jika memang Anda belum memiliki modal, maka nantinya setiap produk yang terjual, Anda bisa memperoleh komisinya.

9. Usaha Menjahit

Banyak anak-anak di desa yang masih sekolah dan pasti membutuhkan jasa yang seperti ini. Target utamanya anak sekolah yang akan masuk sekolah atau baju, celana yang rusak.

Tidak hanya itu saja, masyarakat remaja atau dewasa pasti juga membutuhkan jasa ini jika memang ada yang salah dengan baju atau celana mereka.

9. PlayStation

Banyak anak-anak atau remaja di desa yang kurang membutuhkan hiburan, jadi mereka harus pergi ke kota untuk mencari hiburan seperti ke alun-alun.

Anda bisa membuka usaha playstation ini sebagai salah satu ajang hiburan yang positif dan tidak menimbulkan dampak yang negatif.

Maksudnya, hindarilah anak-anak yang masih bersekolah untuk bermain playstation. Berikanlah waktu bagi mereka untuk sekolah dan belajar, untuk bermain playstation bisa siang hari atau sore hari.

10. Warnet (Warung Internet)

Nah inilah salah satu hal yang paling penting dan cukup fatal yang dialami oleh semua anak-anak atau remaja yang masih sekolah namun rumahnya di desa.

Kebanyakan mereka kesulitan untuk print atau fotocopy tugas mereka yang menumpuk, sehingga jalan satu-satunya harus pergi ke kota untuk mencari warnet dan fotocopy.

Ada juga yang kesulitan mencari tugas dengan harus browsing oleh guru. Nah, jadikanlah ini sebagai kesempatan yang bagus bagi Anda.

Mengingat, suasana di desa, maka coba buka usaha warnet kecil-kecilan, jika memang nantinya memiliki prospek bagus, bisa dikembangkan lagi lebih jauh.

11. Penjualan ATK

Macam-macam ATK seperti pensil, pulpen, penggaris dan masih banyak lagi yang lain pasti dibutuhkan.

Sama halnya di atas, fotocopy hingga menjilid juga pasti dibutuhkan dan sasaran pertamanya untuk anak-anak yang masih bersekolah.

Walaupun memang hasil yang didapat itu kecil, namun apabila diniati dan dikembangkan dengan baik-baik, maka hasilnya tentu jauh lebih baik lagi.

12. Jual Ayam Potong

Siapa saja orang-orang di desa saat ini pasti membutuhkan yang namanya daging untuk hari tertentu.

Terlebih jika menjelang hari raya Idul Fitri, adanya pernikahan, atau hajatan yang lain, pasti bisnis ini cukup laris dan bisa dilakukan walau hanya di desa.

13. Berkebun Kelapa

Berkebun kelapa cocok dilakukan desa karena lokasinya yang sangat meyakinkan.

Mengingat, kelapa sendiri juga seakan dibutuhkan oleh banyak orang untuk dijadikan minuman, hingga bumbu dalam masakan seperti dijadikan sebagai santan.

14. Berkebun Pisang

Tidak hanya kelapa saja, pisang juga bisa dilakukan di desa. Tempatnya yang luas menjadi salah satu alasan mengapa bisnis ini cocok dilakukan di desa.

Jika nanti pisang tersebut panen, bisa dijualkan di produksi tetangga untuk dijadikan keripik atau bisa dijual secara luas di pasar yang konsumen rata-rata memiliki minat tinggi terhadap pisang.

15. Berkebun Singkong

Selain pisang, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk berkebun singkong.

Singkong yang sudah berhasil dipanen, nantinya bisa dijual di pasar atau dijual ke tempat produksi untuk dijadikan keripik. Pasti nanti jika singkong tersebut banyak, akan ada orang yang mendatangi Anda untuk menjadikan singkongnya sebagai keripik, asal singkong yang dipanen memiliki hasil yang bagus.

16. Berkebun Cabai

Harga cabai yang cenderung naik di hari-hari besar seperti tahun baru, lebaran Idul Fitri, ini yang membuat para petani memilih untuk mencoba menanam cabai.

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan karena konsumen rata-rata membutuhkan cabai sebagai bumbu masakan.

Nantinya, jika harga cabai yang sedang melonjak, Anda juga tidak perlu repot-repot untuk membelinya, Anda tinggal memetik cabai tersebut jadi tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk dibuat sebagai bumbu masakan.

17. Potong Rambut

Ini juga memiliki prospek yang cukup bagus karena sebagian besar masyarakat desa lebih memilih untuk pergi ke luar atau ke kota untuk potong rambut.

Coba bisa Anda buka usaha ini sendiri di desa. Salah satu contohnya, ada usaha potong rambut di desa, cukup ramai karena itu satu-satunya.

Sementara itu, baru kurang lebih beberapa tahun berjalan, sang pembuka usaha tersebut sudah bisa memberi motor sendiri dalam bentuk cash.

18. Bengkel

Tidak hanya potong rambut saja, bengkel juga cukup prospek karena masyarakat desa saat ini kebanyakan sudah memiliki kendaraan sendiri seperti sepeda motor.

Cobalah sandingkan bengkel dengan tambal ban, pasti akan laris.

 
Back To Top